Month: December 2019

Pemanfaat Teknologi Dibidang Kesehatan

Pemanfaat Teknologi Dibidang Kesehatan - Pemanfaat Teknologi Dibidang Kesehatan

Teknologi pada masa sekarang telah menyentuh berbagai bidang untuk membantu mempermudah sesuatu hal. Penggunaan teknologi sudah dapat kita rasakan salah satu nya di bidang transportasi seperti Gojek/Grab , Untuk kebutuhan belanja dengan menggunakan beragam aplikasi marketplace seperti Shopee dan yang paling penting adalah peran teknologi di bidang kesehataan.

Manfaat Virtual Reality dan Augmented Reality

Teknologi pengobatan kini sudah makin canggih yang terbaru kini menggunakan Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR) yang sangat membantu untuk mempermudah manusia kembali sehat kembali.

Banyakn pemanfaatan teknologi yang sudah di terapkan pada bidang kesehatan. Dibawah ini akan kami berikan beberapa teknologi yang di gunakan untuk pengobatan.

Pengobatan Autisme Menggunakan AR Glasses

Seseorang yang mengidap autisme biasanya sulit untuk melakukan interaksi sosial hal itu merupakan hal yang sulit di hadapi oleh penderita penyakit autisme. Jika tidak diatasi kesulitan tersebut akan terus berlanjut sampai dewasa dan akan mempengaruhi mental .

Sekarang tidak perlu khawatir perusahaan yang berbasis di Cambridge membuat sebuat alat Augmented Reality yang bisa membantu para pengidap penyakit autisme bisa berinteraksi dengan orang lain, dengan cara menggunakan kacamata pintar yang sudah di rancang teknologi canggih dengan link alternatif sbobet pelacak emosi.

Sistem Empower Me berhasil mendapatkan predikat platform wearable smart ar glasses yang secara khusus dibuat untuk membantu para pengidap penyakit autisme dalam pengobatan nya. Teknologi ini dapat membantu para penderita autisme untuk melatih interaksi sosial mereka di dalam nya dan juga ada permainan yang bisa membantu mereka mengasah keterampilan nya pada saat di dunia nyata.

AR Teknologi di bidang kesehatan mempunyai beragam aplikasi seperti menebak situasi emosional seseorang yang bertarget pada anak – anak , Disini mereka harus bisa menebak emosi apa yang di rasakan orang tersebut dan mencocokan dengan emoji yang harus dipilih. Teknologi emosi pada AR Glasses menggunakan pengenalan wajah canggih, sehingga para pemain bisa belajar berdasarkan situasi emosi yang nyata dari seseorang bukan hanya sebuah avatar.

Mengobati Penyakit Alzheimer Dengan VR

VR atau Virtual Reality telah populer di zaman sekarang , teknologi ini biasanya di paka dalam industri hiburan terutama pada Game – Game zaman sekarang Contoh nya Playstation yang sudah mempunyai Playstation VR buat mereka sendiri. Lalu apa kegunaan VR dalam bidang pengobatan?

Kegunaan VR ternyata sudah digunakan di sebuah Rumah Sakit yang bernama Visiting Angels untuk melakukan pengobatan terhadap penyakit Alzheimer

CEO dari RS Visiting Angels yaitu Larry Meigs , Sangat mendukun sekali tentang penggunaan teknologi dibidang kesehatan untuk bisa membantu para manula dapat hidup lebih muda, Terutama bagi para pengidap Alzheimer.

Dampak dari menggunakan teknologi Virtual Reality (VR) sudah bisa dilihat, dokter bisa lebih mudah meneliti dan mendiagnosis untuk dalam mengobati penyakit. Dibawah ini adalah beberapa contong tetang teknologi VR dalam penyembuhan penyakit Alzheimer dan Demensia.

Mendetsi Resiko Sejak Dini

Alzheimer sudah menjadi lebih mudah di deteksi berkat teknologi Virtual Reality di bulan Oktober 2017, Seorang ilmuwatan dalam bidang perawatan Alzheimer yang berasal dari negara Jerman. Membagikan sebuah studi dimana menggunakan labirin virtual pada VR untuk dapat membantu mendeteksi adanya penyakit Alzheimer.

Pada penelitian nya, Para ilmuwan melakukan uji coba pada orang-orang yang berumur 18 – 30 tahun untuk mencoba bermain labirin VR tersebut.

Hasil dari uji coba ini terbukti berhasil. Berdasarkan dari perbedaan setiap orang dalam bergerak. Para ilmuwan bisa dengan akurat mengidentifikasi subjek yang mempunyai penanda genetik untuk Penyakit Alzheimer. Ini membuktikan bahwa dengan menggunakan Virtual Reality ilmuwan kini dapat mendiagnosis penyakit pasien yang memiliki resiko tinggi sejak masih usia 18 tahun. Ini berfungsi untuk keluarga untuk bisa merencanakan pengobatan alzheimer pada masa yang akan datang.

Lingkungan Virtual Membantu Perawatan Pasien

Dalam menggunakan teknologi VR , Orang yang sudah profesional dalam mengobati Alzheimer melakukan pecobaan menggunakan teknologi VR dengan menggunakan Microsoft Kinect untuk membuat adegan interaksi antara Penderita Alzheimer dengan gambaran tersebut. Adegan ini berfungsi sebagai perawatan “Terapi Sensoris” yang bisa membantu Para penderita Alzheimer bisa berinteraksi dengan nyaman dan aman sehingga tidak beresiko berinteraksi langsung dengan lingkungan tertentu.

Demikian contoh manfaat teknologi dalam bidang kesehatan. Sudah terlihat bahwa teknologi sangat bermanfaat di zaman sekarang didalam bidang manapun dan masih terus berkembang.